ChatGPT Palsu Beredar di Play Retailer dan App Retailer, Bahaya!

ChatGPT Palsu Beredar di Play Retailer dan App Retailer, Bahaya!

Aplikasi palsu tersebut menarik biaya berlangganan.

Popularitas ChatGPT memang tengah naik sejak akhir 2022 kemarin. Synthetic Intelligence buatan OpenAI tersebut banyak mendapat pujian atas keluwesannya dalam hal berkomunikasi. Baik dalam hal memahami konteks percakapan maupun dalam hal membalas percakapan tersebut. Tak mengherankan jika kemudian ChatGPT jadi salah satu AI paling populer.

Di tengah kepopuleran tersebut, ada beberapa pihak tak bertanggung jawab yang hendak mencari keuntungan dari AI tersebut. Baru-baru ini, muncul aplikasi ChatGPT palsu di Play Retailer dan App Retailer!

Baca Juga: Apa itu ChatGPT yang Viral di Twitter, Disebut Bisa Kalahkan Google!

Aplikasi palsu ChatGPT

ChatGPT Palsu Beredar di Play Store dan App Store, Jangan Tertipu!ilustrasi App Retailer (pexels.com/Brett Jordan)

Aplikasi ChatGPT palsu tersebut beredar di Play Retailer dan App Retailer sejak beberapa waktu lalu. Aplikasi palsu tersebut memiliki nama dan emblem yang mirip dengan ChatGPT asli. Aplikasi palsu ini tersedia dengan free of charge dan sempat jadi salah satu aplikasi free of charge paling populer di App Retailer.

ChatGPT palsu ini awalnya tersedia secara free of charge dan bisa diakses kapan saja. Namun kemudian menetapkan biaya berlangganan sebesar $7,99 per pekan setelah free of charge selama 3 hari. Tentu hal tersebut merugikan pengguna mengingat ChatGPT sejauh ini masih bersifat open-source, free of charge dan bisa digunakan siapa saja. 

OpenAI juga memang tengah berusaha untuk mencari cara monetisasi ChatGPT. Namun hal tersebut masih dalam tahap uji coba konsep yang belum dibuka untuk umum.

Sudah hilang dari peredaran

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

ChatGPT Palsu Beredar di Play Store dan App Store, Jangan Tertipu!Unsplash / Mika Baumeister

Aplikasi ChatGPT palsu ini kini sudah tak lagi tersedia baik di Play Retailer maupun App Retailer. Meski begitu aplikasi tersebut sudah mendapat lebih dari 100.000 unduhan. Bisa jadi ada beberapa yang sudah tertipu untuk membayar biaya berlangganan palsu tersebut.

Jika dibuka, aplikasi ChatGPT palsu tersebut menampilkan UI atau tampilan antarmuka yang mirip dengan ChatGPT asli. Bedanya ada pada konteks kecerdasan AI-nya. Hasil komunikasi ChatGPT palsu tersebut justru jauh dari konteks pertanyaan dan tak relevan dengan percakapannya.

Meski memang aplikasi tersebut sudah hilang dari peredaran, namun hal tersebut harus jadi pembelajaran. Baiknya kita lebih berhati-hati dalam mengunduh aplikasi. Pastikan aplikasinya terpercaya dan benar-benar asli sebelum mendownloadnya.

Apa itu ChatGPT?

ChatGPT Palsu Beredar di Play Store dan App Store, Jangan Tertipu!dok. ChatGPT

ChatGPT sendiri sejatinya merupakan kecerdasan buatan yang dibuat oleh OpenAI, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan kecerdasan buatan atau synthetic clever. Melansir laman resmi OpenAI, ChatGPT merupakan sebuah kecerdasan buatan mannequin bahasa dengan format dialog.

Format dialog tersebut memungkinkan ChatGPT untuk menjawab pertanyaan follow-up, mengakui kesalahannya, menantang premis yang salah, dan menolak permintaan yang tidak pantas. Jika kamu sudah mencoba ChatGPT, kamu pasti menyadari bahwa bahasa yang digunakan oleh AI yang satu ini benar-benar terasa alami. Seperti ngobrol sama teman sendiri.

Baca Juga: OpenAI Cari Cara Monetisasi dengan ChatGPT Profesional, Lebih Premium!